Banu Bangsa Logo

Banu Bangsa adalah sekelompok anak muda Indonesia penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)  dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI, yang masuk dalam kelompok Persiapan Keberangkatan (PK) ke-38.

Melalui kelompok ini, kami berusaha mempersembahkan kontribusi terbaik untuk Indonesia. Dengan semangat optimisme, kami berusaha menumbuhkan harapan untuk masyarakat Indonesia. Kami datang dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia, terpencar dari berbagai pulau di Indonesia, namun kami memiliki satu tujuan yang sama: memajukan Indonesia.

Banu Bangsa beranggotakan tak kurang dari 100 anggota. Salah satu agenda penting yang saat ini sedang kami kerjakan adalah melakukan community development di sebuah desa tertinggal di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Mari, bersama kami, bergandengan, memberikan semangat perubahan untuk masa depan yang lebih baik.

Banu Bangsa untuk Menyapa Indonesia

Banu Bangsa yang terdiri dari para penerima BPI-LPDP, bergabung dengan beberapa kelompok lain sesama penerima BPI dalam sebuah gerakan pengembangan kawasan tertinggal di Indonesia. Agenda inilah yang kami sebut Menyapa Indonesia.

Bagi kami, Menyapa Indonesia  bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di beberapa daerah tertinggal di Indonesia yang masih belum merasakan nikmatnya buah pendidikan dan teknologi.

Ada beberapa kegiatan inti yang dilakukan dalam program Menyapa Indonesia, yaitu Community Services, Community Empowering, dan Community Relations.

Community Services yang dilakukan berupa pembangunan fasilitas umum serta pengembangan kualitas elemen masyarakat di lokasi sasaran. Community Empowering meliputi program-program yang bertujuan memberikan akses pendidikan lebih luas dalam level komunias demi terciptanya masyarakat mandiri dan swadaya. Sedangkan Community Relations berkaitan dengan pengembangan komunikasi dan informasi antara masyarakat lokal dan otoritas yang berwenang.

Saat ini beberapa desa yang sedang kami sapa melalui gerakan Menyapa Indonesia antara lain adalah Desa Cikumbueun dan Desa Ramea yang terletak di Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Berbagai program pengembangan masyarakat yang dilakukan di desa-desa ini dimotori oleh para penerima BPI-LPDP yang terbagi ke dalam kelompok- kelompok yang lebih kecil sehingga sinergitas kerja dalam mengembangkan desa-desa ini terjaga dengan baik.

Secara khusus, Banu Bangsa sangat bersyukur bisa terlibat dalam program pengembangan masyarakat Desa Ramea di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten ini. Potensi dan keahlian para awardee yang akan menempuh pendidikan magister dan doktoral dicurahkan untuk kebaikan dan kemajuan masyarakat Desa Ramea dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang tepat sasaran.

Sekali lagi, gerakan Menyapa Indonesia ini adalah gerakan yang terbuka akan keterlibatan segala kalangan. Sapaan-sapaan kita sangat dibutuhkan di sudut-sudut Indonesia yang rindu akan dukungan dan sentuhan kasih anak bangsa. Yang saat ini sedang dilakukan oleh Banu Bangsa hanyalah sebuah ayunan langkah awal. Selanjutnya, kami undang seluruh putra-putri bangsa bergabung dengan kami dan Menyapa Indonesia!.

Ayo, Menyapa Indonesia!

Our Team

Tim Banu Bangsa

3 Comments

  1. Ada Mba Faradila Tomu, saya salah satu anggota BanuBangsa dari Ternate Maluku Utara, cuman saat ini saya domisili di Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>