Rumah Mapan Ludira Seta MI PK-58

Profil Desa

Desa Tanjung Anom merupakan desa pesisir yang terletak di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten. Desa Tanjung Anom terdiri dari tiga dusun atau kejaroan, dan Tanjung kait merupakan kejaroan prioritas pembangunan. Di kejaroan ini mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan rajungan dan budi daya kerang hijau. Terdiri dari 9 RT, Tanjung Kait memiliki 2948 penduduk yang sebagian diantaranya buta aksara, putus sekolah dan tidak berpenghasilan. Di desa ini belum tersedia tempat berekspresi bagi warga seperti taman bacaan desa dan aula pelatihan warga. Sehingga melalui program Menyapa Indonesia ini, MI PK-58 mengambil grand design Rumah Mapan Ludira Seta sebagai pusat kegiatan masyarakat.

Dekripsi Kegiatan

dekrripsikegiatanfull
Infografik Kegiatan MI PK-58

Berdasarkan potensi yang terdapat di lapangan, terbentuklah lima program solusi yang ditawarkan MI PK-58 sebagai wujud kontribusi nyata di Desa Tanjung Anom:

1. Rumah Mapan Ludira Seta

Pembangunan infrastruktur Rumah Mapan Ludira Seta seluas 375 m2 yang dilakukan bersama-sama dengan warga Desa Tanjung Anom. Rumah mapan Ludira Seta ini terdiri atas aula serbaguna, ruang pelatihan warga, ruang baca Ludira Seta, dan taman vegetasi untuk tanaman obat keluarga. Kata “mapan” ini berarti mantap (baik, tidak goyah, stabil) kedudukannya (kehidupannya), sehingga rumah mapan

Ludira Seta diharapkan menjadi sebuah tempat yang bermanfaat membentuk masyarakat yang berkedudukan baik dan stabil.

Tampak depan desain Rumah Mapan Ludira Seta
Tampak depan desain Rumah Mapan Ludira Seta
Selasar pelatihan dan taman baca/ ruang baca Ludira Seta
Selasar pelatihan dan taman baca/ ruang baca Ludira Seta

2. Tanjung Kait Melek Aksara

Merupakan program utama pendidikan yang diselenggarakan dalam rangka menjawab permasalahan buta aksara di desa Tanjung Anom, khususnya di Kejaroan Tanjung Kait. Bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mauk, diharapkan 57 orang nantinya dapat bebas dari buta aksara dan mendapatkan Surat Keterangan Melek Aksara (SUKMA).

3. Tanjung Kait Berijazah

Merupakan program utama pendidikan yang kedua, program Tanjung Kait Berijazah akan dilaksanakan bersama dengan PKBM Mauk dengan melakukan pendampingan kelompok-kelompok belajar kejar paket A, B, dan C. Dengan adanya program ini diharapkan 10 orang yang mengikuti program dapat melaksanakan ujian dan mendapatkan ijazah kelulusan.

4. Raseta Menginspirasi

Program Raseta Menginspirasi memiliki empat divisi program yaitu:

a. 580 buku untuk Ruang Baca Ludira Seta

Bersama-sama dengan Laskar Raseta mengumpulkan buku-buku bacaan untuk dibaca masyarakat Tanjung Anom, terutama anak-anak dan remaja untuk menumbuhkan budaya senang membaca sejak dini. Pengumpulan buku ini sejalan dengan akan dibentuknya Ruang Baca Ludira Seta sebagai salah satu taman bacaan warga.

b. Raseta Bercerita

Laskar Raseta dan tokoh-tokoh nasional mendongeng untuk anak-anak di Desa Tanjung Anom untuk menumbuhkan kemampuan berekspresi dan salah satu media untuk meningkatkan kreativitas anak-anak.

c. Kelas Inspirasi “Raising Hope”

Kelas inspirasi yang diberi nama “Raising Hope” ini merupakan kegiatan sharing session para penerima beasiswa sesuai dengan profesi masing-masing untuk menumbuhkan asa dan mimpi anak-anak dan remaja Desa Tanjung Anom.

d. Bank Sampah ”Dibuang Sayang”

Ibu-ibu Tanjung Kait akan diberi pelatihan untuk pengelolaan dan pengolahan sampah melalui bank sampah. Bekerja sama dengan Yayasan Melati Bersih Tangerang, 11 kader penggerak ini akan menjadi agen peduli lingkungan sekaligus bisa menabung.

5. Raseta Goes To School

Program Raseta Goes To School memiliki tiga divisi program:

a. Dokter Kecil Raseta

Melatih siswa SDN Tanjung Anom untuk menjadi kader percontohan di bidang kesehatan dan kebersihan bagi teman-temannya. Selain itu juga akan dilakukan kegiatan melengkapi fasilitas UKS.

b. 420 Buku untuk SDN Tanjung Anom

Merupakan satu rangkaian kegiatan pengumpulan buku untuk melengkapi koleksi pustaka perpustakaan SDN Tanjung Anom.

c. Guruku Jago Bahasa Inggris

Peningkatan kemampuan bahasa inggris 11 guru SDN Tanjung Anom dan pembekalan teknik mengajar bahasa inggris yang inovatif.

Struktur Organisasi

struktur 58

Cara Membantu Kami

Donasi:

Bank Mandiri 1570002584218 a.n Susiana Ekasari

Volunteer:

Laskar Raseta adalah sebutan bagi relawan mandiri maupun komunitas yang ikut membantu dalam pelaksanaan program MI PK-58 Rumah Mapan Ludira Seta di Desa Tanjung Anom, khususnya di Kejaroan Tanjung Kait. Laskar Raseta nantinya akan menjadi pendamping kegiatan di Rumah Mapan Ludira Seta. Proses rekutmen Laskar Raseta ini sangan terbuka bagi teman-teman yang ingin menambah pengalaman dan berkembang bersama masyarakat Tanjung Kait.

Partnership:

Bentuk kerjasama yang ditawarkan adalah dengan paket sponsorship per program, sehingga calon sponsor bisa memilih program mana yang sesuai dengan perusahaan. Selain itu dalam pelaksanaan program MI PK-58 Rumah Mapan Ludira Seta juga disediakan drop box untuk donasi berupa buku bacaan, alat tulis, perlengkapan belajar mengajar, dan lain sebagainya. Berikut adalah gambar paket sponsorship yang ditawarkan:

paketsponsor582

Hubungi Kami

Handphone:

Herninanjati Paramawardhani +6285643512811

Isidora Happy Apsari +62811988044

Email Angkatan

58ludiraseta@gmail.com

Website

www.ludiraseta.org

Fanpage

Ludira Seta

(Kontributor: Febriana Suryania/ Editor: Ahmad Faiz Nasshor)

Berita Terbaru