Menyapa Indonesia adalah program pengembangan masyarakat (community development) yang dikelola oleh para penerima anugerah (awardee) Beasiswa Pendidikan Indonesia, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (BPI-LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di beberapa lokasi daerah tertinggal di Indonesia yang masih belum terjamah oleh pendidikan dan teknologi.

BPI-LPDP diberikan kepada calon mahasiswa program magister dan doktoral (Dalam Negeri serta Luar Negeri) yang telah lulus seleksi administrasi dan wawancara. Biaya yang digunakan oleh BPI-LPDP bersumber dari dana abadi (endowment) pengumpulan pajak rakyat Indonesia. Oleh sebab itu, sebelum memulai berangkat dan menempuh studi di perguruan tinggi masing-masing, para awardee diberikan ruang untuk menunjukkan jiwa kepemimpinan, kepedulian, serta kecintaan kepada negeri melalui Menyapa Indonesia.

Menyapa Indonesia terdiri atas beberapa kegiatan:

Community Services: Program pelayanan langsung berupa pembangunan fasilitas umum serta pengembangan kualitas elemen masyarakat (antara lain instansi pemerintah lokal terkait) di lokasi sasaran.

Community Empowering: Program-program yang bertujuan untuk memberikan akses pendidikan lebih luas dalam level komunitas demi terciptanya masyarakat mandiri dan swadaya.

Community Relations: Program-program yang berkaitan dengan pengembangan komunikasi dan informasi antara masyarakat lokal dengan pihak/otoritas yang berwenang.

5 Comments

  1. Untuk community services bidang kesehatan, kepala desa/Rw/Rt setempat dpt mengajukan pembinaan atau bantuan kesehatan preventif promotif melalui puskesmas wilker setempat. Bidan dan perawat dpt melakukan home visit bagi warga risiko tinggi, sanitarian dpt membantu memastikan bahwa sanitasi dasar desa memenuhi syarat dan nutrisionis dpt memantau tumbang balita. Ada baiknya puskesmas setempat dan Dinkes kab. Pandeglang dirangkul untuk kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>